Senin, 09 April 2012

Ujung Genteng

Nekat bacpacker ke Ujung Genteng setelah mupeng lihat foto-foto di internet betapa indahnya Ujung Genteng. Dan emang bener, disana pantainya bagus belum lagi curugnya masih alami keindahan alamnya. Nah ini neh perjalanan backpacker Ujung Genteng kita.

Hari 1

Jam 06.00 janjian ketemuan di halte busway UKI, agak ngaret gue baru dateng jam 07.00 :). Pas sampe di halte UKI baru sadar banyak yang gak dibawa gara-gara packing semalam yang dadakan, parah gak bawa camdig :) . Dari jembatan UKI kita naik mobil Preman (agak serem ya namanya, padahal itu singkatan Pribadi yang Disewakan) ke arah Ciawi Bogor ongkosnya Rp.10.000 aja. Setelah sampai di Ciawi lanjut naik mobil elf  warna merah arah Sukabumi dengan ongkos Rp.12.000. Sampai di Sukabumi kita lanjut ke terminal Lembur Situ, dari turun elf naik becak ke pangkalan angkot arah lembur situ,  ongkosnya cuma Rp.3000 aja.

Setelah sampai di terminal lembur situ, kita naik yang arah ke Surade. Nah pas sampai terminal ini pasti langsung dikerubutin sama abang-abang angkot, kenek dan semacamnya lah yang bikin bingung. Tipsnya sih jangan kebawa bingung, santai aja dan cool hehe. Dari terminal lembur situ ada dua pilihan naik elf atau bus, akhirnya kita pilih elf setelah nego harga sampai penginapan jadi Rp.30.00 per orang. Ternyata dari lembur situ ke ujung genteng itu jauhnya ampun boo! Perjalanan 4 jam dari lembur situ akhirnya jam 15.30 sampai juga di penginapan, capeknya perjalanan terbayar pas lewatin pantai yang keren banget bikin kita agak norak terkagum-kagum.

Ini penginapan kita lho, di Pondok Adi persis depan Pantai Cibuya. Harga penginapan Rp.300.000 per malam itu buat satu rumah panggung dengan fasilitas dua kamar, dapur dan alat masak, kamar mandi dan ruang tamu. Penginapan ini cocok kalau kalian pergi sekitar 4-5 orang jadi bisa sharing cost dan lebih murah.


Depannya langsung Pantai Cibuya



Setelah makan dan bersih-bersih kita langsung berangkat ke penangkaran tukik di Pantai Pangumbahan naik ojek Rp.25.000 pulang pergi. Pelepasan penyu sehari cuma sekali yaitu pas sore aja, beruntung kita pas sampai sana gak lama langsung ada acara pelepasan penyu. Rencananya mau nunggu sampai penyu bertelur yang katanya bertelur jam 8 malam atau lebih, karena udah kotor habis main di pantai akhirnya jam 19.00 kita minta jemput dan pulang ke penginapan.




Hari 2

Akses angkutan di Ujung Genteng itu agak susah, jadi kalo mau kemana-mana lebih sering pake ojek atau sewa angkot. Kebetulan kita udah deal sewa angkot pas masih di Jakarta, jadi hari kedua ini emang khusus jalan-jalan pake angkot dengan supirnya yang gahul, mang udui ^_^. Hari kedua ini rute kita adalah Curug Cikaso, Curug Cigangsa dan Tanah Lot Amanda.










Hari 3
Rencana kita adalah makan seafood di TPI, tapi ternyata yang bisa langsung dimasakin itu pas malam sementara kita kesana pagi. Akhirnya kita mutusin buat pulang aja, ya jam 09.00 kita diantar mang Udui sampai Surade buat naek elf ke Sukabumi. Dadah-dadah sama keindahan alam Ujung Genteng, terima kasih liburannya dan waktunnya pulang ke Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar