Jumat, 17 Januari 2020

Operasi Steril Kucing di Kota Kupang

Kali ini mau berbagi cerita mengenai steril kucing di Kota Kupang, NTT. Bagi yang mengenal saya lama pasti heran kenapa saya kok bisa jadi menyukai kucing. Jadi ya gitu antara benci dan cinta memang dekat kok, halah. Perkenalkan nama kucing saya Miu, usianya belum genap satu tahun tapi sudah ganjen akhirnya hamil. Akhirnya kami buru-buru steril Miu setelah satu bulan dia melahirkan dan masih menyusui.

Kami pilih Klinik Grace Vet Care and Pet Shop, lokasinya di jalan TDM tepat di pinggir jalan satu deret dengan Hyperstore. Waktu awal kami konsultasi ingin operasi steril Miu, dokter menyarankan agar Miu diberikan vaksin dahulu. Jarak antara vaksin ke operasi disarankan satu bulan.

Satu bulan pasca vaksin, Miu kembali ke klinik untuk konsultasi operasi. Namun, ternyata saat di-USG ketauan Miu hamil tiga anak kocheng! Akhirnya gagal sudah rencana operasi saat itu. Dokter Miu bilang satu bulan setelah melahirkan bisa dilakukan operasi.

Persiapan

Persiapan sebelum operasi yaitu memastikan kucing kita sehat ya. Makan dan minum normal, buang air kecil maupun besar juga lancar setiap hari. Satu hari sebelum operasi dipuasakan makan dan minum. Tujuan dari puasa agar kucing tidak tersedak sisa makanan saat operasi berlangsung yang berbahaya buat kucing. Miu operasi malam pukul 19.00 sudah saya puasakan dari pagi, makan terakhir jam 4 pagi.

Saya masukan kandang agar memastikan dia tidak makan minum apapun. Tentunya masuknya Miu ke kandang penuh drama karena dia tidak suka di kandang. Pasir dan alas tidur hancur lebur diacak-acak sama dia. Meronta-ronta dan mengeong terus minta keluar dari kandang. Cuma demi kebaikan kami tega-tega saja deh hehe.

Operasi Steril

Seperti biasa saat datang di klinik Miu dicek berat badan, suhu tubuh, dan USG lagi memastikan Miu sehat dan tidak hamil lagi hehe. Kondisi Miu sehat dan siap untuk dioperasi. Dokter di Klinik Grace menjelaskan prosedur dan tahapan operasi, termasuk resiko operasinya. Saya jadi kebayang seperti operasi manusia, bahkan suami saya harus tanda tangan surat pernyataan. Termasuk para dokternya pun ganti baju operasi. Mantaplah ini Klinik Grace.

Kami masih menemani Miu saat disuntik obat bius. Jadi, untuk suntik obat bius dilakukan dua kali. Pertama, suntik bius agar Miu tidak bisa berontak karena katanya suntik bius kedua sangat sakit rentan membuat kucing berontak. Padahal Miu sebenarnya tipikal kucing yang nurut dan kalem, disuntik yang pertama saja muka bego aja dia tidak berasa apa-apa hihi. Suntik bius pertama dilakukan di tengkuk punggungnya. Nah, saat suntikan kedua di paha ini lumayan buat Miu kayak kaget berontak dikit terus pada akhirnya lemes tak berdaya.

Setelah obat bius sudah bekerja, operasi steril bisa dilakukan oleh dokter. Waktu operasi kami tinggal dan akan diinfo setelah selesai operasi dan Miu sudah sadar dari obat bius.

Muka Panik Diperiksa Dokter

Pasca Steril

Sekitar dua jam berlalu, kami diinfo oleh klinik bahwa Miu sudah sadar. Wah, cepat ya ternyata pikir Saya. Saat kami datang posisi Miu sedang di dalam kandang beralas under pad masih diinfus, kondisinya kayak lagi tidur lemes gitu. Sama dokter dilepas infus pun dia kayak pasrah lemes gitu, efek dari obat bius. Luka operasinya tidak ditutup oleh perban, jadi terbuka saja gitu. Ada dua jahitan kata dokternya, yang jahitan luar benang hitam itu untuk memperkuat agar jahitan pertama tidak mudah terbuka dan akan dilepas benangnya pada hari ketujuh.


Luka Operasi Beberapa Saat Setelah Operasi

Biaya Operasi Steril

Biaya total operasi steril kucing di Klinik Grace yaitu sebesar 825.000 rupiah.  Rincian biaya operasi meliputi:
1. Jasa Operasi
2. Anestesi
3. Benang Operasi
4. Obat Pasca Operasi
5. Disposable

Rincian Biaya Operasi Steril Kucing

Kelihatannya memang wow banget harga hanya untuk kucing kampung saja. Tidak, bagi kami harga tersebut investasi agar Miu lebih sehat dan tidak beranak pinak lagi. Sudah cukup dia menghadirkan tiga anak di rumah yang harus Saya rawat lagi. Bicara mahal murah ya relatif ya, Saya sik suka di Klinik itu ya karena deket banget dari rumah jadi perjalanan bawa Miu tidak terlalu bikin Miu stress.

Perawatan Pasca Operasi di Rumah

Nah, ini babak yang membuat kami majikan kucing agak stress haha. Dokter memberikan banyak wejangan terkait perawatan di rumah pasca operasi ini. Selain itu, dokter juga memberikan beberapa obat yang harus diminum rutin. Miu kan masih menyusui neh, jadi selain Saya merawat Miu, Saya juga harus rawat anak-anaknya yang baru sebulan. Praktis kami yang hanya berdua ini di rumah sungguh kerepotan.

Pulang dari Klinik setelah operasi, agar ngeri juga lihat luka jahitan yang tidak tertutup kasa gitu. Langsung kepikiran bagaimana ini agar lukanya gak digigit dan dijilat Miu. Malam pertama dia masih lemes banget tapi berusaha sekali mau gerak (dasar kucing). Besok paginya dia Miu langsung normal seger gitu, langsung minta makan hehe.

Masih Lemes Efek Obat Bius

Malam Habis Operasi Tidur di Kandang


Miu gak kami kandangkan karena dia tidak suka di kandang, takut malah bikin stress. Yaudah, kami lepas saja asal tidak keluar rumah. Setiap pagi dan malam, kami bersihkan luka pakai betadine dan ditutup gurita agar tidak dijilat/gigit. Minum obat juga, rutin kami kasih pagi dan malam. Jadi, sebelum dan pulang kantor tugas kami ya itu bersihkan luka dan kasih obat.

Menolak di Kandang, Lesehan Alas Selimut Bayi :)


Karena Miu masih menyusui, kami sempet pisahkan Miu dari anak-anaknya (anaknya sudah bisa makan). Kami takut kalau anaknya nyusu nanti ngurek-ngurek lukanya kan. Ternyata dipisahkan gitu malah bikin Miu stress, dia nyari anaknya sampai lompat ke jendela. Haduh, dia yang lompat jantung Saya yang kayak mau copot. Hari kedua pun susu Miu bengkak :( ya karena gak nyusui anaknya itu. Saya jadi galau nan kasian harus gimana ini. Konsul ke dokternya katanya tidak apa-apa Miu susui saja anaknya.

Sebelumnya Saya guntingin kuku anak-anaknya dahulu, antisipasi tidak mencakar luka operasi. Luka Miu tetap kami tutup dengan gurita agar anaknya tidak menyusu yang dekat luka. Proses menyusu pun dalam pengawasan kami, jadi selesai nyusu anaknya taro di kandang lagi. Ribet memang, namun yasudah bersabar sampai luka Miu sembuh dan anaknya lepas susu.

Ini luka hari kelima, sudah agak kering cuma bagian bawah suka basah karena dijilat sama Miu. Sejauh ini sik Miu sehat saja, makan minum normal.

Luka Hari Kelima, Sudah Agak Kering







Tidak ada komentar:

Posting Komentar